"Tingkatkan kualitas data: Pelatihan instruktur lokal di Pesawaran. #Statistik #DataBerkualitas" - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pesawaran

Anda mencari data? Konsultasi Statistik? Tidak perlu repot. Langsung chat saja HALOSTAT PESAWARAN. Klik HALOSTAT PESAWARAN sekarang.

Kunjungi sosial media kami di Instagram untuk mendapatkan berita dan update seputar BPS Kabupaten Pesawaran di sini.

Saat ini Publikasi Kabupaten Pesawaran Dalam Angka 2022 sudah tidak tersedia dan dapat diakses disini. ||

"Tingkatkan kualitas data: Pelatihan instruktur lokal di Pesawaran. #Statistik #DataBerkualitas"

"Tingkatkan kualitas data: Pelatihan instruktur lokal di Pesawaran. #Statistik #DataBerkualitas"

29 April 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


**MOOC Pelatihan Instruktur Daerah Menghadapi Tantangan Perbaruan Wilayah Statistik di Kabupaten Pesawaran**


Pesawaran 29 April 2024, Kabupaten Pesawaran menjadi peserta pelaksanaan Massive Open Online Course (MOOC) Pelatihan Instruktur Daerah Updating Enumeration Area SLS Tahun 2024 Gelombang II. Dalam kegiatan yang diadakan secara daring ini, Muhamad Septa Utama Sp, SST dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pesawaran, sebagai calon instruktur daerah yang menjadi peserta pelatihan. Beliau, yang merupakan Fungsional Pranata Komputer Ahli Muda BPS Kabupaten Pesawaran.


Pelatihan ini menjadi relevan dalam konteks implementasi Satu Data Indonesia (SDI) yang diinisiasi pemerintah sejak tahun 2019 melalui Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019. SDI bertujuan untuk mengelola data pemerintahan dengan lebih baik, menjadikannya mudah diakses, dan dapat dibagikan antar-instansi Pemerintah baik di tingkat Pusat maupun Daerah. BPS, sebagai salah satu pelaku utama dalam SDI, memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan data berkualitas dan memastikan infrastruktur statistiknya terus diperbarui.


Dalam konteks perbaruan infrastruktur statistik, penting untuk memahami konsep master kerangka sampel yang menjadi dasar bagi seluruh kegiatan statistik BPS. Master kerangka sampel ini membagi wilayah Indonesia menjadi unit-unit statistik yang disebut sebagai wilayah kerja statistik (Wilkerstat), yang berguna sebagai acuan dalam merancang survei dan sensus.


Pada tingkat lapangan, enumeration area (EA) seperti Blok Sensus (BS) dan Satuan Lingkungan Setempat (SLS) memiliki peran penting dalam mengumpulkan data. Saat ini, penggunaan SLS sebagai EA mulai diangkat sebagai alternatif baru. Namun, penggunaan SLS tidaklah tanpa tantangan. Dinamika perubahan wilayah, seperti pemekaran, penggabungan, atau perubahan nama, serta ketidakseragaman muatan keluarga atau penduduk dalam SLS, menjadi tantangan tersendiri.


Dalam menghadapi tantangan tersebut, BPS Kabupaten Pesawaran telah menginisiasi kegiatan Updating EA SLS. Melalui groundcheck yang dilakukan oleh petugas Updating dari BPS Kabupaten/Kota, perubahan-perubahan yang terjadi pada SLS dapat teridentifikasi dengan lebih baik. Dengan memanfaatkan data hasil identifikasi pada kegiatan Pendataan Podes, Updating EA SLS bertujuan untuk menjaga kualitas data serta efisiensi sumber daya yang digunakan.


Dengan adanya MOOC Pelatihan Instruktur Daerah Updating Enumeration Area SLS Tahun 2024 Gelombang II, diharapkan para instruktur daerah seperti Muhamad Septa Utama Sp, SST dapat menjadi agen perubahan yang mampu menghadapi dinamika perubahan wilayah statistik dengan lebih efektif. Hal ini tentunya akan membawa perbaikan dalam sistem statistik nasional dan pengambilan keputusan yang lebih baik bagi pembangunan Indonesia ke depan.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pesawaran (Statistics of Pesawaran Regency)Jl. Ahmad Yani No. 119 Kutoarjo

Gedung Tataan

Pesawaran (35371)

Mailbox : bps1809@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik